November 2017
S M T W T F S
« Dec    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Ilkom
IPB Badge
Hapuskan komersialisasi perparkiran kampus IPB Baranangsiang

Semester baru tahun akademik 2014/2015 segera hadir disertai dengan bergabungnya sekitar 96 mahasiswa S1 Mayor Ilmu Komputer angkatan 2013 ke dalam keluarga besar Departemen Ilmu Komputer IPB, yang sering disebut dengan Ilkomerz. Sekitar setahun melewati masa TPB yang bersuasana masih seperti layaknya SMA namun dengan tempat dan lingkungan berbeda, dapat dijalani dengan baik. Namun demikian, ada beberapa Ilkomerz 2013 yang harus menyesuaikan diri dengan keras sehingga dapat menempuh semua mata kuliah di TPB.

Banyak pendapat bahwa masa di Departemen berbeda dengan masa TPB, yang biasanya selalu bersama dalam satu asrama, komunikasi sesama satu kelas dapat dengan mudah dilakukan, mata kuliah yang hampir sama dan bahkan beberapa mengulang SMA, dan banyak situasi menyenangkan yang dilewati bersama. Memang benar berbeda. Di Departemen lebih dituntut untuk mandiri, bekerja dan belajar lebih keras, serta banyak mencari sumber pengetahuan di luar kelas melalui membaca buku dan sejenisnya. Disamping itu, banyak Ilkomerz yang salah duga terhadap bidang Ilmu Komputer, yang ternyata sarat dengan aspek logika dan matematika, juga IPA. Hal ini yang menuntut Ilkomerz untuk bekerja keras menyongsong materi baru di Departemen.

Jika melihat keragaan Ilkomerz 2013 yang akan memasuki Departemen, tidak diragukan lagi akan kemampuannya. Cukup membanggakan dengan nilai IPK yang umumnya baik dan sangat baik. Lihat saja rata-rata IPK Ilkomerz 2013 semasa di TPB sebesar 3.12 dengan nilai maksimum 3.92 dan banyak Ilkomerz yang berada di sekitar 3.00 sesuai grafk sebaran berikut:

ipk-semuaNamun demikian, jika dicermati, grafik frekuensi tersebut memiliki dua sebaran (bimodal), yaitu di sebelah kanan 3.00 dan di bawah 3.00. Artinya, terdapat dua kelompok Ilkomerz dengan kemampuan yang berbeda. Disamping itu, mengingat bidang Ilmu Komputer membutuhkan kemampuan bidang Matematika dan IPA, maka grafik sebaran IPK di atas menjadi semu tatkala dilihat sebaran nilai TPB hanya untuk mata kuliah Matematika dan IPA (Kimia, Fisika, dan Biologi) serta ditambah Ekonomi seperti grafik berikut:

ipk-mipaDari grafik tersebut akan terlihat bahwa hampir 30% Ilkomerz 2013 memiliki IPK MIPA di bawah 2.00. Hal ini menunjukkan bahwa dibutuhkan kerja ekstra keras untuk dapat menempuh pendidikan sarjana bidang Ilmu Komputer.

Keprihatinan akan bertambah jika hanya melihat mata kuliah Matematika yang terdiri atas Pengantar Matematika dan kalkulus, seperti terlihat pada grafik sebaran IPK di bawah ini.

ipk-mathPadahal nilai mata kuliah bidang MIPA sangat menentukan IPK keseluruhan. Artinya, jika IPK mata kuliah MIPA tinggi maka IPK keseluruhan cenderung tinggi. Hal ini memberi isyarat bahwa Ilkomerz 2013 membutuhkan dorongan dan amunisi tambahan untuk dapat menempuh pendidikan dengan baik di bidang Ilmu Komputer. Grafik sebaran titik berikut memberi gambaran bagaimana eratnya hubungan antara IPK mata kuliah MIPA dengan IPK keseluruhan.

scatter-ipk

Selamat datang Ilkomerz 2013 di bidang Ilmu Komputer, dan selamat berjuang. Yakinlah bahwa kita bisa karena berusaha untuk bisa.

Leave a Reply