April 2017
S M T W T F S
« Dec    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Ilkom
IPB Badge
Hapuskan komersialisasi perparkiran kampus IPB Baranangsiang

blind-sideItu adalah judul film yang sudah lama diputar di bioskop, dan sering diulang di HBO. Film ini sangat menarik bagi saya karena disamping ceritanya menarik berdasarkan kisah nyata tentang Collins Tuohy yang baik hati dan tulus dalam merawat Michael Oher membuat kita melakukan evaluasi diri, juga ada alur cerita tentang bagaimana usaha Michael Oher (dipanggil Big Mike karena berbadan besar) untuk menggapai cita-citanya menjadi pemain football dan bersekolah di University of Mississippi.

Dikisahkan Big Mike yang selama ini tidur di ruang gym sekolah dan tidak mempunyai tempat tinggal tetap, akhirnya dibawa oleh Touhy pulang ke tempat tinggal mereka untuk bermalam disana. Leigh Anne (istri Collins Tuohy, yang diperankan dengan sangat brilian oleh Sandra Bullock) serta keluarganya benar-benar menunjukkan perhatian kepada Big Mike. Mulai dari diberikan makanan, pakaian, kamar tidur, sampai akhirnya Mike diangkat menjadi anggota keluarga mereka.

Leigh Anne pun memperhatikan nilai-nilai Mike di sekolah. Dia menyadari bahwa Mike memiliki nilai tertinggi dalam hal protective insting, yaitu 98%, yang sangat bermanfaat dalam bermain football. Leigh Anne pun berusaha membantu Mike dalam memahami olahraga football, mengajarkannya mulai dari dasar serta menemaninya dalam latihan. Mike yang tergabung dalam tim football di sekolahnya akhirnya benar-benar menjadi bagian penting dari timnya, sampai dia menjadi populer dan dilirik banyak universitas yang menginginkannya untuk bergabung.

Beasiswa sudah di depan mata, namun tidak akan berhasil jika nilai Michael tidak mencapai 2.5 GPA. Nah disini ada kisah menarik, dimana Mike terganjal oleh satu pelajaran dimana Mike mandapat nilai E. Guru pelajaran ini memang ketat dalam memberi nilai, namun tidak dapat diganggu gugat karena memang sang guru memiliki standard penilaian yang sudah ada dan sesuai, yang dalam istilah di Indonesia, mungkin disebut standard capaian pembelajaran atau standard kompetensi. Sang guru memiliki acuan, kalau sudah bisa melakukan hal tertentu, nilainya C, sedikit meningkat nilainya B dan seterusnya.

Walaupun Leigh Anne merupakan orang berpengaruh, namun dia tidak mengintervensi sang guru, apalagi menyebut bahwa sang guru pelit nilai. Yang dilakukan adalah berusaha keras mendorong Mike untuk belajar, belajar, dan belajar meningkatkan kemampuannya agar lulus pelajaran tersebut dan mencapai GPA minimal 2.5. Tutor didatangkan, dan seluruh keluarga membantu, yang akhirnya setelah mengulang pelajaran 3 kali, Mike mendapat nilai baik untuk pelajaran tersebut, dan juga GPA dapat mencapai target.

Di akhir kisah, Michael Oher saat ini sudah menjadi salah satu pemain terbaik di NFL. Keluarga Touhy pun masih menjadi bagian dari hidupnya, dan setia mengikuti pertandingan Mike. Dan tempat sekolah Mike sebelumnya merasa bangga mengantar Mike ke kampus idamannya dan menjadi pemain terbaik NFL. Tentunya sekolah tersebut tidak sampai mengubah standard capaian pembelajaran yang sudah dibuat, dan juga Kepala Sekolah nya sangat percaya pada standard kompetensi yang dibuat oleh sang guru tadi beserta timnya, tidak sampai menyatakan bahwa sang guru pelit nilai, apalagi sampai menyarankan pada sang guru untuk menurunkan standard penilaian yang telah dibuatnya.

Leave a Reply