Kode Mata Kuliah : KOM204
Nama Mata Kuliah : Bahasa Pemrograman
Kredit : 3(2-2)
Prasyarat : KOM202 – Algoritme dan Pemrograman
Peserta : Mayor S1 Ilmu Komputer
Penilaian : Nilai akhir (NA) adalah nilai kumulatif dari nilai ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan nilai LL (tugas atau praktikum atau kehadiran). Metode dan bobot nilai sebagai berikut:

  1. UTS dan UAS tertulis dengan bobot total 70%
  2. UTS dan UAS praktek dengan bobot total 20%
  3. LL dinilai melalui aktivitas mahasiswa (praktikum, kehadiran), dan nilai tugas, dengan bobot total 10%

Selang nilai untuk menetapkan huruf mutu A, AB, B, BC, C, D, atau E ditentukan berdasarkan nilai rataan dan standard deviasi dengan menggunakan sebaran normal. Ketentuan ini berlaku sama untuk semua mahasiswa baru atau pengulang.

Situs : http://apps.cs.ipb.ac.id/lx
Deskripsi : Konsep bahasa pemrograman (functional programming, logic programming, concurent programming, imperative programming, object oriented programming), jenis dan ciri; aturan-aturan dalam struktur pemrograman; elemen-elemen bahasa pemrograman: notasi, deklarasi, scope. Functional programming: ciri-ciri, sintaks, list, dan beberapa aplikasi lainnya. Logic programming : ciri-ciri, relasi, aturan, fakta, goal, prolog search tree, place holder, cut, list, database. Object oriented programming: pengertian obyek, kelas dan data, operator overloading, inheritance, fungsi virtual, polymorphism, stream.
Tujuan : Matakuliah ini akan memberi manfaat bagi mahasiswa dalam memahami dan mengimplementasikan beberapa konsep pemrograman komputer yang berbeda. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memecahkan masalah yang berbeda dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai.
Catatan kuliah (PDF) : Catatan kuliah terdiri dari 8 (delapan) bab sebagai berikut:

Slide kuliah (PDF) : Slide kuliah dibuat dengan format PDF sebagai berikut:

Slide kuliah OOP/C++  (PDF) : Slide kuliah khusus untuk materi OOP tahun 2012 dibuat dengan format PDF sebagai berikut:

Dokumen JENI Intro
Java Education Network Indonesia
: